Alasan Harga Toner Printer Lebih Mahal Dari Tinta Printer

Printer merupakan media cetak elektronik yang sangat berpengaruh terhadap kegiatan manusia di masa sekarang ini. Apalagi dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja kita selalu dihadapkan pada hal-hal seperti laporan, tugas yang kemudian harus dicetak dan semacamnya. Hal ini lah yang membuat printer menjadi alat penting untuk mendukung kegiatan cetak-mencetak. Untuk menunjang kerja printer, printer membutuhkan tinta yang mana digunakan untuk membentuk tulisan atau gambar pada permukaan kertas yang dicetak. Namun sekarang ini tinta printer bukan hanya berupa tinta namun terdapat juga toner printer. Untuk harga toner printer ini juga justru lebih mahal dibandingkan tinta printer.

Inilah Kelebihan Yang Membuat Harga Toner Printer Lebih Mahal

Toner printer memiliki fungsi yang sama dengan tinta printer, yang mana digunakan untuk membentuk tulisan atau gambar pada media yang dicetak. Namun untuk toner printer ini biasanya hanya dapat digunakan untuk mencetak dalam bentuk tulisan saja. Selain itu juga digunakan pada jenis printer laser. Berbeda dengan tinta printer yang mana digunakan pada jenis printer seperti inkjet dan dapat digunakan untuk mencetak tulisan maupun gambar. Namun meski begitu, harga dari toner printer ini lebih tinggi atau mahal jika dibandingkan dengan harga tinta printer. Ada beberapa alasan atau lebih tepatnya kelebihan yang menjadikan harga dari toner lebih mahal dibnadingkan harga tinta.

Cetakan Cepat Kering

Toner printer ini berupa bubuk yang mana nanti akan mengalami proses dilelehkan hingga bisa membentuk objek atau tulisan pada permukaan kertas yang dicetak. Toner yang berupa serbuk atau bubuk ini akan lebih cepat kering jika dibandingkan dengan tinta printer. Tinta printer yang berupa cairan tentu membutuhkan beberapa waktu untuk bisa kering. Sedangkan toner printer ini akan menghasilkan hasil cetak yang cepat kering. Sehingga bagi anda yang mungkin terburu-buru dan tidak punya banyak waktu. Maka mencetak dengan jenis printer laser adalah pilihan yang tepat karena jenis printer laser menggunakan toner printer untuk kegiatan mencetaknya. Sehingga akan kering dalam waktu singkat.

Kualitas Hasil Cetak

Penggunaan printer yang semakin meningkat dan juga banyak dibutuhkan ini membuat jenis printer juga bervariasi. Salah satunya adalah printer jenis laser yang mana menggunakan toner printer untuk membentuk cetakan. Toner printer dikenal memiliki harga yang lebih tinggi atau lebih mahal dari tinta printer. Hal ini dikarenakan hasil cetak antara toner printer dengan tinta printer berbeda. Penggunaan printer laser dengan didukung toner printer ini membuat kualitas hasil cetakannya lebih bagus. Kualitas dari hasil cetakan yang bagus inilah yang membuat toner printer dibaderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga tinta printer.

Terlebih lagi dalam kegiatan cetak-mencetak, kualitas adalah hal penting yang pasti diperhatikan. Oleh karena itulah, jaminan kualitas hasil cetak tersebut yang ditawarkan oleh hasil dari penggunaan toner printer. Kualitas yang lebih bagus kemudian mempengaruhi harga dari toner printer itu sendiri. Jadi jangan heran jika harga untuk toner printer ini dibilang lumayan. Namun hal tersebut sesuai dengan hasil cetakan yang bagus yang bisa anda dapatkan. Namun jika anda tidak masalah dengan kualitas hasil cetak, maka anda bisa memilih tinta printer yang mana lebih terjangkau daripada toner printer.

Itulah beberapa alasan kenapa harga toner printer lebih tinggi atau lebih mahal jika dibandingkan dengan harga dari tinta printer. Hal tersebut tidak lain karena toner printer ini memiliki berapa keunggulan. Keunggulan tersebut juga menjadi salah satu keuntungan bagi para pengguna printer atau yang sering melakukan kegiatan cetak dokumen atau semacamnya.